50 Bacaleg Partai Demokrat Surabaya Lengkapi Persyaratan Pendaftaran Bakal Anggota DPRD PDF Print E-mail
Ditulis oleh Redaksi Surabayakita   
Senin, 02 Juli 2018 23:27

Surabayakita.com - Menjelang pembukaan pendaftaran calon legislatif (caleg) atau bakal calon anggota DPRD Kota Surabaya, DPC Partai Demokrat Surabaya meminta para kadernya yang sudah melalui penjaringan caleg untuk menyiapkan semua persyaratan yang diminta sesuai dengan peraturan KPU.

Tujuannya agar pada saatnya pendaftaran caleg tersebut resmi dibuka, tidak ada kendala terkait kelengkapan persyaratan. Hal ini disampaikan Junaidi selaku Sekretaris Tim Penjaringan Caleg Partai Demokrat Kota Surabaya, Senin (2/7/2018).

Menurut pria yang juga anggota DPRD Surabaya ini, saat ini ada 50 orang yang telah melalui proses penjaringan di internal Partai Demokrat Surabaya. Penjaringan sudah dilakukan beberapa waktu lalu sehingga semua bakal calon legisltif ini sudah siap mengikuti tahapan berikutnya termasuk menyiapkan persyaratan yang diminta KPU.

"Kami sudah update semua persyaratan yang perlu dilengkapi oleh semua bakal calon legislatif. Harapannya mereka bisa menyiapkan dengan teliti dan lengkap. Pada saatnya pendaftaran dibuka persyaratan tersebut langsung bisa digunakan," ujar Junaidi kepada Surabayakita.com.

Dari sekian banyak persyaratan yang diwajibkan itu ada tes kesehatan yang harus dilalui para bakal calon legislatif. Ada dua rumah sakit yang menjadi rujukan tempat tes. Rumah sakit haji dan Menur.

Dua rumah sakit ini dirujuk untuk menjadi tempat tes karena selain bakal calon legislatif harus sehat jasmani yang tak kalah pentingnya adalah sehat rohani. Rumah Sakit Menur menjadi rujukan karena rumah sakit milik Pemprov Jatim ini selama ini selain membuka pengobatan pasien umum juga menangani pasien yang mentalnya mengalami gangguan.

"Memang belum semua bakal calon legislatif dari Partai Demokrat Surabaya melakukan tes kesehatan karena masih harus merampungkan urusannya. Tapi pada saatnya nanti semua akan melakukan tes itu dan melengkapi semua persyaratan. Saya sendiri sudah ikut tes kesehatan dan lulus," ujar Junaidi.

Sementara itu seperti yang dimuat di Surabayakita.com, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya telah mengumumkan tentang pengajuan bakal calon anggota DPRD Kota Surabaya dalam pemilu tahun 2019.

Dijelaskan dalam pengumuman Nomor 402/PL.01.4-PU/02/VI/2018, bahwa berdasarkan UU No 7 Tahun 2017 dan Peraturan KPU No 5 Tahun 2018, pengajuan bakal calon dilaksanakan selama 14 hari, tanggal 4-7 Juli 2018. Tempat pendaftaran di KPU Kota Surabaya.

Di antara syarat syarat yang wajib dilengkapi itu antara lain telah berumur 21 tahun, berpendidikan minimal SMA atau sederajat, bebas penyalahgunaan narkotika, psikotropika dan zat adiktif. Selain itu juga bukan mantan terpidana bandar narkoba, kejahatan seksual terhadap anak, atau korupsi.(SK1)

 
Copyright © 2018. surabayakita.com | surabaya news portal. Designed by JasaWebsite.com